E-commerce adalah proses transaksi jual beli barang atau jasa secara elektronik yang melalui media internet.
E-commerce meliputi belanja ritel, perbankan, perdagangan saham dan obligasi, lelang, transaksi real estate, pemesanan penerbangan, film rentals-hampir apa pun yang bisa membayangkan di dunia nyata.
Meskipun e-commerce awal terhambat oleh kekhawatiran keamanan, teknologi ditingkatkan telah membuat jutaan orang di seluruh dunia merasa nyaman membeli secara online. Melihat potensi besar dalam e-commerce, perusahaan kartu kredit yang paling membantu menghilangkan ketakutan dengan menjamin pemegang kartu tidak akan bertanggung jawab atas tuduhan penipuan sebagai akibat dari belanja online. Semua faktor ini telah membantu e-commerce menjadi industri booming seperti sekarang ini.
Semakin populernya e-commerce adalah dimengerti mengingat waktu dan kerumitan yang terlibat dalam menjalankan dari toko ke toko, mencari item di dunia nyata. Tidak hanya membutuhkan waktu berharga dan energi, tetapi bensin. Dengan kota-kota yang padat dan harga yang tinggi, belanja online ini waktunya tidak terbatas kita bisa belanja di tengah malam, keunggulan tak terkalahkan.
Meskipun e-commerce awal terhambat oleh kekhawatiran keamanan, teknologi ditingkatkan telah membuat jutaan orang di seluruh dunia merasa nyaman membeli secara online. Melihat potensi besar dalam e-commerce, perusahaan kartu kredit yang paling membantu menghilangkan ketakutan dengan menjamin pemegang kartu tidak akan bertanggung jawab atas tuduhan penipuan sebagai akibat dari belanja online. Semua faktor ini telah membantu e-commerce menjadi industri booming seperti sekarang ini.
Semakin populernya e-commerce adalah dimengerti mengingat waktu dan kerumitan yang terlibat dalam menjalankan dari toko ke toko, mencari item di dunia nyata. Tidak hanya membutuhkan waktu berharga dan energi, tetapi bensin. Dengan kota-kota yang padat dan harga yang tinggi, belanja online ini waktunya tidak terbatas kita bisa belanja di tengah malam, keunggulan tak terkalahkan.
E-commerce juga memiliki keuntungan lain. Karyawan overhead hampir tidak ada, dan biaya tahunan untuk sebuah website e-commerce adalah nominal. Bandingkan ini untuk penyewaan properti etalase, terutama di mal sibuk. Untuk top it off, kebanyakan transaksi ditangani oleh proses perangkat lunak, tidak pernah membutuhkan orang sungguhan sampai item tersebut siap untuk dikemas dan dikirim. Hal ini berarti penghematan nyata untuk pelanggan. Akibatnya, bisnis dunia nyata sering tidak dapat bersaing dengan rekan-rekan e-commerce, meskipun seseorang harus menonton untuk biaya pengiriman inflasi yang mungkin meniadakan tabungan.
Ada beberapa jenis E-commerce yaitu:
Ada beberapa jenis E-commerce yaitu:
· -B2B adalah sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar. Contohnya: Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
· -B2C adalah sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Contohnya: Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
· - -C2C adalah sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.
Contohnya: Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dab pelayanannya.
Contohnya: Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dab pelayanannya.
Secara ringkas E-commerce memiliki keuntungan Bagi konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat. Bagi pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu. Bagi manajement : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Untuk sementara nilai transaksi e-commerce ini relatif masih kecil untuk ukuran ekonomi di AS, terus juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat meski krisis ekonomi baru-baru ini. Lebih signifikan dari jumlah dolar dari transaksi tersebut, bagaimanapun ini adalah proses bisnis baru. Banyak perusahaan-perusahaan berbasis internet yang baru dan produsen tradisional barang dan jasa yang bekerja untuk mengubah proses bisnis mereka ke dalam proses e-commerce dalam upaya untuk menurunkan biaya, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan produktivitas, dengan berbagai tingkat keberhasilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar